Kamis, 14 Agustus 2014

Penerapan Manajemen Rantai Pasok oleh PT. Tirta Investama

PT. Tirta Investama memiliki depo-depo yang tersebar di berbagai daerah khususnya di Pulau Jawa, yang dikelola langsung oleh PT. Tirta Investama, yang berfungsi sebagai proses distribusi terakhir yang dilakukan sebelum produk Aqua terjual kepada konsumen. Jadi, setelah melewati proses distribusi dari depo-depo, kami tidak lagi mengelola secara langsung untuk menjual produk Aqua kepada konsumen, melainkan yang mengelola secara langsung adalah pihak-pihak retailer.

Dalam proses distribusi, PT. Tirta Investama telah menerapkan dua kebijakan untuk mendukung proses distribusi agar berjalan dengan lancar, penjelasan nya sebagai berikut :

1. Penempatan Jaringan

Dalam hal penempatan jaringan, PT. Tirta Investama  hanya akan memasarkan produk di daerah sekitar pabrik seperti di Jakarta, Bekasi, Solo, Klaten, dan Sragen. Hal ini dilakukan karena PT.Tirta Investama hanya mendistribusikan produk dari Aqua dan untuk meminimalkan biaya transportasi untuk pendistribusian. Perusahaan Aqua hanya akan menyalurkan produk sampai ke retailer melalui depo-depo kami, setelah itu retailer yang akan menyalurkan produk kepada End Costumer.

2. Decoupling Point

Dalam menentukan Decoupling Point, kami PT. Tirta Investama menerapkan sistem make to stock, yaitu pemesanan produk dari pabrik Aqua dilakukan dengan jumlah yang sama pada setiap kali pemesanan. Hal ini dilakukan untuk menghindari stock out yang terjadi jika ada lonjakan permintaan secara tiba-tiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar